Tutorial PHP – Pola Bilangan

Seringkali ketika belajar pemrograman awal, atau terkadang tes pemrograman kita dihadapkan pada persoalan membuat pola bilangan. Penyelesaian dari penyusunan pola bilangan adalah bagaimana kita menemukan pola tersebut kemudian menuliskan ke dalam algoritma yang tepat kemudian menyelesaikan programnya.

Disini saya sarankan untuk lepas sejenak diri anda dari PC kemudian selesaikan dan temukan pola bilangan tersebut. Pada Postingan kali ini saya akan memberikan 2 contoh pola bilangan.

 

1) Pola Bilangan 1

Pola barisan 1

Pola barisan 1

Pada pola yang mudah di atas, kita tentunya akan dengan sangat mudah untuk menemukan pola dari barisan bilangan tersebut. setiap terjadi penambahan baris, anggota baris tersebut akan selalu bertambah. dengan menggunakan nested loop (iterasi di dalam iterasi) dan increment (penambahan) kita dapat membuat program penyelesaiannya dengan sangat mudah. disini kita menggunakan  bahasa pemrograman PHP

Script PHP Pola Barisan 1

Script PHP Pola Barisan 1

Mula-mula kita mengeset nilai jumlah baris yang kita inginkan kemudian melakukan iterasi (perulangan/looping) baris setiap baris angka akan selalu di-reset menjadi 1 lagi sehingga akan lebih efisien jika kita mendeklarasikan nilai variabel angka = 1 di dalam perulangannya. perulangan bilangan dilakukan dengan batasan jumlah bilangan sama dengan nilai barisnya dengan setiap perulangannya nilai angka selalu ditambahkan sebesar 1 (kita dapat menuliskan ke bentuk $angka++ atau $angka+=1 atau $angka=$angka+1, namun disini saya gunakan bentuk $angka++ agar terlihat lebih ringkas)

Untuk demo silakan klik disini

 

2) Pola Bilangan 2

Pola Bilangan 2

Pola Bilangan 2

Untuk Pola bilangan kedua ini, nilai bilangannya tidak di-reset menjadi 1 melainkan dilanjutkan dari bilangan sebelumnya. polanya masih sama dengan setiap baris terjadi penambahan jumlah bilangan dalam bilangan.

Script PHP Pola Bilangan 2

Script PHP Pola Bilangan 2

Penjelasannya serupa dengan penjelasan di atas dengan menghilangkan reset / deklarasi variabel angka pada perulangannya.

Untuk demo silakan klik disini

Seperti saya tekankan sebelumnya, untuk menyelesaikan program untuk mencetak/menampilakan pola bilangan tertentu yang paling utama adalah dengan mengetahui pola bilangan itu sendiri.

 

Berikut ini mungkin masalah-masalah lain yang berkaitan dengan artikel ini

  1. Tutorial PHP – Bilangan Fibonacci
  2. Tutorial PHP – Bilangan Prima
  3. Tutorial PHP – Faktor Bilangan
  4. Tutorial PHP – Tahun Kabisat
  5. Tutorial PHP – Tahun Kabisat Qomariyah

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *